Sabtu, 12 Desember 2015 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HESy) semester VII Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Jurai Siwo Metro melaksanakan kegiatan pengamatan hilal akhir Rajab 1436 H. Kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian kegiatan mata kuliah Ilmu Falak II yang secara akumulasi terdapat teori dan praktek.
Secara rinci kegiatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : Pertama, Pada hari Minggu, 6 Desember 2015 sebelum melakukan
praktek observasi di Pusat Observasi Bulan (POB) Kalianda mahasiswa tersebut melakukan simulasi di depan Rektorat STAIN Jurai Siwo Metro. Hal ini dirasa penting untuk memberikan pemahaman awal kepada mahasiswa yang akan mengikuti praktek observasi di Pusat Observasi Bulan (POB) Kalianda. Simulasi tersebut diikuti oleh mahasiswa sejumlah 71 mahasiswa. Kegiatan simulasi tersbeut dibuka dan diawali dengan pengarahan oleh dosen pengampu.Kemudian penyampaian materi tentang pemasangan theodolite sebagai alat untuk observasi hilal. Setelah itu, mahasiswa dibagi menjadi 15 kelompok dimana masing-masing kelompok melakukan praktek secara bergantian.
Kedua; Pada hari Sabtu, 12 Desember 2015 praktek observasi hilal di Kalianda dilaksanakan dengan melakukan serangkaian kegiatan berikut: persiapan awal, pada pukul 7.30 mahasiswa berkumpul di depan kampus STAIN Jurai Siwo Metro. Sebanyak 60 mahasiswa menuju lokasi Pusat Observasi Bulan di Kalianda dengan menggunakan dua mini bus. Sementara itu, untuk Dosen Pembimbing Lapangan menggunakan kendaraan dinas WK II. Dosen Pembimbing Lapangan yang turut serta antara lain; Drs. A Jamil, Msy (Dosen Pengampu mata kuliah Ilmu Falak), Nurhidayati (Kaprodi HESy), Sakirman (Staf Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam), A Boby Candra, M.Si (Pendamping dari P3M), dan Supir. Beserta rombongan mini bus dan kendaraan dinas diberangkatkan dari STAIN Jurai Siwo Metro pada pukul 09: 00 WIB.
Perjalanan ditempuh selama tiga jam dalam kondisi normal, karena kondisi cuaca mendung dalam tengah perjalanan turun hujan sehingga kendaraan tidak dapat melaju dengan kondisi cepatdisebabkan kondisi jalan yang licin dan tergenang oleh air maka laju kecepatan kendaraan dikurangi. Tim beserta rombongan akhirnya sampai pada pukul 13:00. Setibanya di lokasi peserta melaksanakan serangkaian ishoma sampai pukul 14.30.
Setibanya di lokasi Pengamatan Observasi Bulan (POB) Kalianda, dosen pembimbing melakukan pengarahan dan membagi mahasiswa menjadi 15 kelompok.Secara bertahap rangkaian praktek observasi dapat dijelaskan sebagai berikut : mahasiswa dipandu oleh dosen pembimbing melakukan pengukuran dan menetapkan garis untuk posisi gawang lokasi. Gawang lokasi yang berfungsi sebagai frame untuk mengetahui posisi dan kedudukan hilal diseting menjadi dua yaitugawang lokasi yang berfungsi untuk pengamatan dengan theodolit dan gawang lokasi yang berfungsi untuk pengamatan tanpa theodolit atau pengamatan langsung.
Setelah pemasangan gawang lokasi selesai, kemudian dilanjutkan dengan penyetelan theodolit dengan posisi sempurna yakni waterpass tabung maupun kotak diseting dengan seimbang dan disesuaikan dengan data hasil perhitungan.Kemudian theodolit diarahkan ke posisi hilal 255 15 40. Pengamatan hilal dilakukan oleh mahasiswa secara bergantian baik melalui theodolit maupun pengamatan langsung. Mahasiswa telihat antusias mengikuti kegiatan ini, tapi kondisi langit di ufuk barat tepat pada posisi matahari dan hilalberada diselimuti oleh  awan tebal sampai pada waktu hilal terbenam ningga pukul 18:40, kesimpulan dari kegiatan pengamatan ini hilal tidak dapat dilihat baiak menggunakan theodolit maupun pengamatan langsung.
Setelah hilal dinyatakan tenggelam dan tidak dapat dilihat kemudian mahasiswa merapihkan gawang lokasi, theodolit, tempat Pengamatan hilal, dan bergegas meninggalkan lokasi. Dalam perjalanan rombongan singgah di Masjid Kubah Intan untuk melaksanakan ibadah shalat. Kemudian melanjutkan perjalanan dan tiba di STAIN Juari Siwo Metro pada pukul 23: 30 dengan selamat.